Kamis, 09 Desember 2010

UIN suska harumkan nama riau

– Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau, berhasil mengharumkan nama Riau pada Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (Pionir) yang dilaksanakan di Watampone Sulawesi Selatan, dari tanggal 27-1 Desember lalu. UIN Suska tampil mengejutkan dalam ajang bergengsi tersebut dan berhasil meraih peringkat ke-3 dari 58 universitas yang turut serta.

Pionir sendiri diikuti oleh 58 perguruan tinggi agama Islam se-Indonesia. Tahun ini merupakan keikutsertaan pertama UIN Suska diajang ini. UIN Suska berhasil memboyong 7 medali, yakni 1 emas, 2 perak, dan 4 perunggu dari beberapa cabang yang dilombakan seperti debat Bahasa Inggris, MTQ, tenis meja, voli, bulutangkis, dan takraw.

Dikatakan Pimpinan Kontingen, Drs Sudirman kepada Riau Pos, Kamis (2/12), prestasi yang ditorehkan para atlet dari UIN Suska ini tidak terlepas dari dukungan Rektor dan keluarga besar UIN Suska serta dukungan dan doa masyarakat Riau. Direncanakan, setibanya di Pekanbaru, seluruh kontingen dari UIN Suska yang membawa nama Riau ini akan melakukan silaturahmi ke Gubernur Riau dan Wali Kota Pekanbaru. ‘’Insya Allah, nanti setibanya di Pekanbaru kita akan bersilaturahmi,’’ ujarnya.
Pembantu Rektor III UIN Suska ini juga mengatakan, para atlet yang berprestasi juga akan mendapatkan beasiswa prestasi dari Menteri Agama RI. Masing-masing sebesar Rp10 Juta untuk juara I, Rp7,5 juta untuk juara II, dan Rp3,5 juta untuk juara III. ‘’Beasiswa ini akan ditransfer langsung ke masing-masing juara,’’ ucapnya melalui selulernya dari Makasar.
Sementara itu, Rektor UIN Suska Prof Dr M Nazir Karim kepada Riau Pos, mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang telah ditorehkan para mahasiswa UIN ini. ‘’Mereka telah bersungguh-sungguh. Apalagi kita tahu persiapan mereka sangat mepet sekali. Tetapi, bisa mengharumkan nama Riau, kita sangat bersyukur sekali,’’ ujarnya.
Ketika ditanyakan pembinaan seperti apa yang akan dilakukan oleh UIN Suska ke depannya, Rektor menjawab, bahwa pihaknya selama ini selalu memberi perhatian terhadap bidang kreativitas serta minat dan bakat ini. ‘’Kita selalu memberikan perhatian terhadap minat dan bakat serta kreativitas para mahasiswa,’

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar: