Minggu, 28 November 2010

danau buatan pertamina,sei-pakning

Masyarakat Sungai Pakning, Bengkalis segera memiliki obyek wisata menarik. Sebuah miniatur Danau Toba bernama Telaga Suri Perdana tengah dibangun Pertamina.

Riauterkini-BENGKALIS- Objek Wisata dan Rekreasi Telaga Suri Perdana yang dirancang oleh Managemen Pertamina RU II Sungai Pakning sejak akhir 2009 dan saat ini dalam proses penyelesaian itu, tampak mirip seperti miniature Danau Toba yang ada di Sumatera Utara.

Telaga Suri Perdana terletak di Jalan Cendana Komplek Pertamina Sungai Pakning, mampu menampung puluhan ribu kubik air alami. Danau buatan telaga Suri Perdana tersebut, berwarna bening kehijauan, sedangkan ratusan bahkan ribuan ekor ikan air tawar dari berbagai jenis juga sengaja dilepaskan pihak Pertamina untuk menambah keasrian pemandangan danau ini.



Yang membuat Telaga Suri Perdana agak mirip dengan Danau Toba, adalah dengan keberadaan pulau mungil yang sengaja di bentuk di tengah danau seperti halnya pulau samosir yang berada di tengah danau toba, menariknya lagi Pertamina hingga kemarin terus menyelesaikan proses pembangunan jembatan layang yang menghubungkan pulau mungil tersebut dengan bibir danau, sehingga dapat dibayangkan bagaimana jadinya ketika pekerjaan objek wisata ini jika sudah selesai 100 %, tentu akan lebih indah dan mengundang perhatian masyarakat banyak karena menjadi tempat rekreasi yang begitu nyaman.

Selain itu masyarakat dan Pemkab Bengkalis sangat diuntungkan dengan pembangunan objek rekreasi ini, pasalnya tak perlu merogoh dana APBD hingga puluhan milyar rupiah, karena pembangunan didanai oleh Pertamina.

Manager Pertamina RU II Spk, melalui General Head Section, Yefrizon memaparkan, setidaknya ada dua keuntungan dengan di bangunnya danau Buatan Telaga Suri Perdana tersebut, pertama menjadikan Sungai Pakning kecamatan Bukit Batu sebagai pusat tujuan wisata bagi masyarakat kabupaten Bengkalis dan sekitarnya, yang kedua menekan effect banjir, karena sebelum ini kalau ada hujan lebat kawasan di komplek Pertamina maupun kawasan yang berdekatan selalu tergenang air pada pekarangan rumah warga, dalam waktu yang lama.

"Alhamdulillah setelah penggalian telaga itu selesai, setiap kali hujan lebat tak terlihat lagi genangan air di pekarangan rumah warga, karena menurut pengamatan tim ahli dari Pertamina air hujan akan langsung meresap dan menuju ke danau buatan tersebut,”


Artikel Terkait:

3 komentar:

ZuXuZ mengatakan...

wuiizz....Jadi tak ado lah dari APBD bengkalis bg..????

nday mengatakan...

tak lah....karna danau tersebut masuk dalm lingkungan pt pertamina,,,!
semua itu hanya inisiatif pertamina bukan dari pemda..!

Boedak Tekeng mengatakan...

tak ado gambo dio do???